Tottenham bisa meraih tempat Liga Champions yang menakjubkan jika musim dibatalkan dan larangan Man City ditegakkan

Tottenham bisa meraih tempat Liga Champions yang menakjubkan jika musim dibatalkan dan larangan Man City ditegakkan

TOTTENHAM dan Arsenal dapat diberikan rute pintu belakang yang menakjubkan ke Liga Champions musim depan.

Konferensi video UEFA dengan 55 asosiasi nasional sepakat untuk mendorong maju dengan upaya untuk memulai kembali liga di Eropa pada bulan Juni untuk mengakhiri musim hingga selesai. Tetapi jika terbukti tidak mungkin untuk menyelesaikan musim domestik di tengah krisis coronavirus yang berkelanjutan, kepala Euro telah didesak untuk memerintahkan asosiasi untuk menggunakan skor koefisien UEFA untuk memutuskan tim mana yang bermain di kompetisi masing-masing musim depan.

Gagasan menggelikan itu akan membuat Arsenal bergabung dengan Manchester City, Liverpool dan Manchester United di “empat besar” Inggris. dengan Spurs, Chelsea dan Leicester di Liga Eropa dan Sheffield United serta Wolves kehilangan semuanya. Tapi Spurs kemudian akan mengambil tempat City di Liga Champions jika larangan Euro dua tahun juara bertahan Euro ditegakkan. Sementara itu, klub-klub Liga Premier menyiapkan pengacara mereka untuk melawan gagasan gila UEFA terbaru.

Ketua sepakbola Eropa akan mempertimbangkan untuk menggunakan peringkat koefisien untuk memutuskan siapa yang akan bermain di Liga Champions dan Liga Eropa musim depan, jika liga domestik tidak dapat diselesaikan. Dan jika itu menjadi kenyataan, Anda bisa bertaruh tulisan itu akan mulai hilang. UEFA memerintahkan FA untuk mengabaikan tabel Prem ketika Wembley mengajukan klub untuk untuk mengambil bagian dalam kompetisi Eropa musim depan yang tampaknya konyol.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin dipahami tidak mendukung, dengan alasan bahwa “integritas kompetisi” harus diutamakan dan mendesak kinerja musim ini untuk menentukan. Namun, kelihatannya gila, itu adalah salah satu ide yang diunggulkan dan bukan meja ruang rapat virtual kemarin. Sebuah proposal asli, yang akan dibahas oleh Asosiasi Klub Eropa dan UEFA yang berpengaruh hari ini dan kemudian oleh komite eksekutif sepak bola Eropa besok.

tabel koefisien inggris

tabel koefisien inggris

Apakah sistem koefisien UEFA merupakan cara yang adil untuk menentukan tempat?

Dan jika itu sampai terjadi, untuk kemarahan Leicester, Chelsea, Wolves dan Sheffield United dan kesenangan pribadi Manchester United, Arsenal dan mungkin Spurs. Satu-satunya jaminan adalah bahwa tantangan hukum akan diajukan segera setelah keputusan disahkan. Seperti yang di katakan oleh salah satu bos klub Prem terkemuka dalam penguasaan meremehkan: “Jika itu terjadi, itu akan menjadi masalah!”.

Ceferin menggunakan konferensi video dengan 55 asosiasi nasional untuk memperjelas bahwa ia ingin liga Lima besar bersama dengan yang lain untuk memulai kembali pada bulan Juni dan dimainkan sampai selesai. Hal ini memungkinkan dua kompetisi knock-out Eropa untuk disertakan di akhir Agustus. Tetapi dengan panjangnya penutupan (lockdown) virus corona masih tidak bisa dipastikan dan UEFA mengakui untuk pertama kalinya yang mungkin menjadi tidak mungkin, diskusi menyebar ke apa yang akan terjadi selanjutnya.

Pernyataan singkat UEFA setelah pertemuan mengkonfirmasi: “Ada rekomendasi kuat yang diberikan untuk menyelesaikan kompetisi divisi dan piala domestik. Tetapi beberapa kasus khusus akan didengar setelah pedoman mengenai partisipasi ke kompetisi Eropa dalam kasus liga yang dibatalkan telah dikembangkan.”

Dalam keadaan seperti itu, Ceferin menyarankan agar setiap asosiasi nasional harus menyajikan daftar nama untuk dimainkan di Liga Champions dan Liga UEFA. Tapi beberapa FA nasional, yang enggan membuat keputusan akhir dan mengambil risiko terjatuh dengan klub mereka. Mereka berpendapat bahwa, sebaliknya,  koefisien klub UEFA, yang disusun selama periode lima tahun bergulir harus menjadi faktor kunci. Di Prem, itu akan melihat United di tempat kelima melompati Leicester dan Chelsea ke tempat ketiga di Inggris, dengan Arsenal melompat ke urutan keempat dari kesembilan.

Eksekutif Gunners mengusulkan klausul bonus £500.000

Ketika eksekutif Gunners mengusulkan klausul bonus £500.000 jika pihak Emirates mengangkat gelar Liga Champions musim depan. Mereka mungkin tidak menyadari bahwa pintu menuju hadiah terkaya bisa dibuka entah dari mana. Spurs saat ini kedelapan, akan bergabung dengan Chelsea di Liga Europa meskipun dengan Manchester City saat ini masih menghadapi larangan dua tahun Eropa. Mereka masih bisa menyelinap ke “empat besar”.

Leicester, berkat pelarian mereka ke perempat final Liga Champions pada 2017, akan berada di Liga Eropa. Wolves hanya di Eropa jika City tetap dilarang dan Sheffield United yang belum pernah memainkan sepakbola Eropa bahkan tanpa pertimbangan. Ketidak adilan dari skenario seperti itu jelas di Spanyol, itu akan membuat Atletico Madrid “mencuri” tempat Real Sociedad, dengan Roma menggantikan Inter Milan dari Serie A dan leverkusen dan Schalke menyisihkan Leipzig serta Monchengladbach di Jerman.

Ceferin tidak perlu mengingatkan dan akan berharap bahwa liga mampu memulai kembali dalam enam minggu yang ia bayangkan sebagai solusi terbaik untuk semua orang. Tapi itu tetap menjadi pilihan menjelang pertemuan komite eksekutif besok, yang akan melihat klub-klub besar diwakili oleh Andrea Agnelli dari Juventus dan PSG Nasser Al-Khelaifi.

UEFA kemungkinan akan mengonfirmasi bahwa Agustus akan menjadi penolak untuk menyelesaikan ikatan Euro yang luar biasa musim ini, dengan waktu ekstra yang berpotensi membuat perjalanan antar negara menjadi layak lagi. Dan komite eksekutif juga diatur untuk mengatur ulang play-off Euro 2020, dibatalkan bulan lalu untuk awal September – sesaat sebelum kick-off kampanye liga 2020-2021 dengan pertandingan liga Bangsa-bangsa “triple-header” pada bulan Oktober dan November. Baca juga Barcelona: Sangat takut akan cedera dengan rencana permainan setiap 72jam.

Ruben